Press-release

PIM Raih TJSL & CSR Award 2022

PIM Raih TJSL & CSR Award 2022

Jakarta – PT Pupuk Iskandar Muda secara konsisten menjalankan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Hal ini dibuktikan pada ajang TJSL & CSR Award 2022 yang diselenggarakan oleh BUMN Track pada Kamis (11/08/2022) bertempat di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan. PT PIM meraih bintang empat (****) kategori Pilar Sosial – Anak Perusahaan BUMN.

Penghargaan diterima langsung oleh Rochan Syamsul Hadi selaku Direktur Keuangan & Umum, mewakili Manajemen PT PIM. “Penghargaan ini memacu kami untuk terus mendukung program Pemerintah dan peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Menyandang kategori tersebut, PIM berhasil menjalankan program PIMCAREducation dengan memberikan beasiswa full kepada 28 siswa/i yang berasal dari desa lingkungan perusahaan untuk bersekolah di SMK-SMTI Banda Aceh. Peserta beasiswa PIM menerima pendidikan berbasis dual system. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan penguasaan kemampuan kerja siswa untuk terjun ke dunia industri dan menjadikan dunia industri tersebut sebagai tempat pembelajaran bagi siswa.

“Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan SDM masa depan Indonesia yang berkualitas dalam menyongsong era industri 4.0,” tambah Rochan.

BUMN Track memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjalankan TJSL & CSR merujuk pada empat pilar SDGs  yaitu Pilar Sosial, Ekonomi, Lingkungan, Hukum & Tata Kelola, serta memberikan nilai tambah/Creating Shared Values (CSV) bagi perusahaan.

“Setelah sukses menggelar event perdana TJSL & CSR Award 2021, pada penyelenggaraan tahun kedua terdapat peningkatan jumlah peserta sebesar 15 persen. Tahun kedua ini semakin terlihat banyak kemajuan baik dari segi kompetensi maupun profesionalitas peserta, disamping jumlah kepesertaan yang juga meningkat dari 70 tahun lalu menjadi 82 peserta. Hal ini membuktikan bahwa BUMN dan Anak Perusahaan BUMN tidak hanya bertahan di masa pandemi tetapi juga terus bertumbuh dari sisi kinerja maupun tanggung jawab sosial,” kata CEO BUMN Track SH Sutarto.

Kredibilitas BUMN Track dalam penyelenggaraan TJSL&CSR Award juga tercermin lewat kompetensi para tim penilai, yang diketuai oleh Ir. Thendri , MBA selaku Founder & Chairman ISVI dan Founder & Chairman CFCD, Ketua MPR Bambang Soesetyo, MBA selaku Ketua Komite Penilai Kehormatan, serta 24 anggota dewan juri lainnya yang terdiri dari para pakar profesional bidang CSR, akademisi, tokoh/ praktisi CSR yang kiprahnya dikenal luas di masyarakat, serta diperkuat dengan unsur media.

Direksi Baru PIM ‘Safari’ ke Banda Aceh

Direksi Baru PIM ‘Safari’ ke Banda Aceh

Banda AcehTak kenal maka tak sayang, pepatah inilah yang menggambarkan kunjungan direksi baru PIM ke Banda Aceh.

Setelah ditetapkannya pergantian direksi PT PIM dalam RUPS LB pada tanggal 25 Agustus 2020 di Jakarta, jajaran direksi baru PIM dengan sigapnya melaksanakan kunjungan dalam rangka silaturahmi sekaligus memperkenalkan diri dengan Pejabat Tingkat I Provinsi Aceh.

Dalam kunjungan ini Direktur Utama, Yanuar Budinorman didampingi Direktur Operasi & Produksi Jaka Kirwanto, dan Direktur Keuangan & Umum Rochan Syamsul Hadi, menyampaikan rencana dan pengembangan PIM ke depan serta meminta dukungan dalam menjalankan PIM.

Senin (14/9) jajaran direksi PIM disambut hangat oleh Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayor Jenderal TNI Hassanudin S.I.P., M.M, bertempat di Makodam IM, Banda Aceh.

 Pada kesempatan tersebut, Panglima mengajak untuk bersama-sama melawan Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. “Mari kita menjaga kesehatan dengan berolahraga secara mandiri, berjemur, mengkonsumsi makanan sehat, serta minum vitamin agar kita terhindar dari wabah penyakit Corona,” ujar Pangdam IM.

Selanjutnya jajaran direksi dan rombongan bersilaturahmi ke Kantor Kejati Aceh dan disambut baik oleh Kajati Aceh, Dr. Muhammad Yusuf, S.H., M.H.

Keesokan harinya, Selasa (15/9) jajaran direksi berkunjung ke Kantor BPKP Aceh yang bertempat di Desa Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh. Pada kesempatan ini direksi dan staf disambut langsung oleh Kepala BPKP Perwakilan Aceh, Indra Khaira Jaya.

Rabu (16/9) jajaran direksi bersilaturahmi dengan Plt Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T., di Bandara Sultan Iskandar Muda. Nova mengharapkan semoga dengan bergantinya pimpinan baru, PIM semakin berkembang dan eksistensinya dapat membantu kemajuan Indonesia khususnya Provinsi Aceh.

PIM Salurkan Bantuan Kepada Muslim Rohingya

PIM Salurkan Bantuan Kepada Muslim Rohingya

Lhokseumawe - Untuk mengurangi beban sosial pengungsi Muslim Rohingya, PT Pupuk Iskandar Muda kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa 25 karung beras. Bantuan tersebut diserahkan oleh Manager CSR & PKBL Zulhadi dan diterima oleh Koordinator Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh Utara Rizky Johansyah di lokasi pengungsi Balai Latihan Kerja (BLK) di Desa Mee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe,15 September 2020.


Manager Humas Nasrun mengatakan bantuan ini merupakan bantuan kedua dimana sebelumnya pada bulan Juli 2020 PIM telah memberikan bantuan berupa sembako dan pakaian layak pakai (https://www2.pim.co.id/pojok-media/press-release/pim-salurkan-bantuan-kemanusiaan-bagi-pengungsi-rohingya).


Sebelumnya sebanyak 94 pengungsi etnis Rohingya terdampar di Pantai Senuddon, Kabupaten Aceh Utara, pukul 12.00 WIB, pada Rabu (24/6). Selanjutnya mereka menepi ke daratan dengan dibantu oleh nelayan dan warga setempat. 

Jajaran Direksi PIM Mengunjungi Bupati Aceh Utara dan Kapolres Lhokseumawe

Jajaran Direksi PIM Mengunjungi Bupati Aceh Utara dan Kapolres Lhokseumawe

Lhokseumawe – Jajaran direksi PT PIM mengunjungi Bupati Aceh Utara dan Kapolres Lhokseumawe, pada Jumat (11/9). Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan perkenalan diri setelah Yanuar Budinorman (Direktur Utama), Jaka Kirwanto (Direktur Operasi & Produksi), dan Rochan Syamsul Hadi (Direktur Keuangan & Umum) ditetapkan sebagai direksi PIM dalam RUPS LB pada tanggal 25 Agustus 2020 lalu di Jakarta.

Didampingi Komisaris Independen, Marzuki Daud, jajaran direksi PIM dan staf disambut hangat kedatangannya oleh Bupati Aceh Utara bertempat di Pendopo Bupati Aceh Utara. Dalam kunjungan ini Yanuar Budinorman menyampaikan upaya-upaya yang akan dilakukan PIM untuk mengembangkan lahan Iskandar Muda Industrial Area (IMIA) agar para investor tertarik dan bersedia melakukan investasi di Aceh Utara khususnya IMIA. Tidak hanya itu, Yanuar juga menyampaikan perkembangan pembangunan pabrik NPK berkapasitas 500.000 ton yang ditargetkan rampung pada semester II tahun 2021.

Muhammad Thaib didampingi Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, menyampaikan harapannya semoga pengembangan yang dilakukan PT PIM berjalan lancar dan hubungan PIM dengan masyarakat semakin terjalin erat.

Bertempat di Polres Lhokseumawe, Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, juga mengharapkan hal yang sama. Selain itu Kapolres mengajak untuk bersama-sama melawan Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dan perusahaan ikut membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat di tengah situasi pandemi ini.

Peusijuek dan Pisah Sambut Direksi PIM

Peusijuek dan Pisah Sambut Direksi PIM

Krueng Geukueh - PT Pupuk Iskandar Muda menggelar acara pisah sambut dalam rangka pergantian Jajaran Direksi. Ulama dan sejumlah tokoh masyarakat Dewantara melakukan Peusijuek atau prosesi tepung tawar terhadap Direksi PT PIM yang baru.

Prosesi ini dilakukan oleh Tgk. H. Muhammad Sufi (Ulama), Tgk.Zainuddin Basyah (Imam Besar Masjid Bujang Salim) Krueng Geukueh dan H. Abu Bakar Abbas ( tokoh masyarakat Dewantara).

Sesuai adat istiadat orang Aceh, setiap kedatangan tamu perlu dimuliakan, peusijuek merupakan salah satu ritual atau prosesi adat dalam budaya masyarakat Aceh, tradisi ini dilakukan untuk memohon keselamatan, ketentraman, dan kebahagiaan dalam kehidupan.

Direksi PT PIM yang baru berdasarkan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) pada tanggal 25 Agustus 2020 ditetapkan Yanuar Budinorman sebagai  Direktur Utama PT PIM menggantikan Husni Achmad Zaki, Jaka Kirwanto sebagai Direktur Operasi dan Produksi menggantikan Pranowo Tri Nusantoro dan Rochan Syamsul Hadi sebagai Direktur Keuangan & Umum, ketiga Direksi tersebut di peusijuek bersama istri.

Sesuai Keputusan RUPS LB, jabatan Direktur SDM & Umum yang sebelumnya dijabat Usni Syafrizal ditiadakan, hal ini sejalan dengan sasaran Kementerian BUMN untuk merampingkan struktur manajemen BUMN dan anak perusahaan BUMN.

PT Pupuk Iskandar Muda Terima Kunjungan Kerja Komisi III DPRK Aceh Utara

PT Pupuk Iskandar Muda Terima Kunjungan Kerja Komisi III DPRK Aceh Utara

Krueng Geukueh - PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) menerima kunjungan kerja dari Komisi III DPRK Aceh Utara pada Kamis (03/09/2020) terkait proses komersialisasi lahan Iskandar Muda Industrial Area atau IMIA. Dalam kesempatan tersebut hadir para anggota komisi III dan diterima oleh Manajemen PT PIM yang diwakili oleh Direktur Operasi & Produksi Jaka Kirwanto dan didampingi oleh Sekretaris Perusahaan Yuanda Wattimena.

Direktur Operasional & Produksi PT PIM Jaka Kirwanto menjelaskan bahwa IMIA sedang dipersiapkan untuk mengundang para investor untuk berinvestasi di area tersebut. "Saat ini komersialisasi telah berjalan dimulai dengan proses scrap atau pembongkaran dan pembersihan lahan pabrik IMIA yang dilakukan oleh PT Kirana Saiyo Perkasa sebagai pemenang tender," terangnya.

Kemudian, Jaka juga menjelaskan bahwa beberapa investor telah bergabung di IMIA. "Saat ini ada dua investor yang masuk, yaitu PT Korina Refinery Aceh yang akan membangun pabrik oil refinery dan PT Sinergi Peroksida Indonesia yang akan mengoperasikan pabrik H2O2 di lahan IMIA," ungkapnya.

Terkait penyerapan tenaga kerja untuk pabrik NPK nantinya, Jaka menjelaskan bahwa untuk tahap awal PIM membutuhkan tenaga operator yang tamatan SMA. "Saat ini proses rekrutmen telah berjalan untuk pabrik NPK. Jika komersialisasi berjalan lancar insya Allah nantinya penyerapan tenaga kerja akan semakin banyak melalui investor-investor yang masuk ke depan," jelasnya.

Lebih lanjut, terkait isu kelangkaan pupuk subsidi yang sering terjadi, Jaka menerangkan bahwa PIM mengikuti penugasan dari Pemerintah dengan menyalurkan sesuai alokasi yang telah ditetapkan. "Sebagai produsen, PIM selalu memastikan stok pupuk tersedia dan siap untuk disalurkan jika ada penambahan alokasi," ujar Jaka.

Kantor Pusat :

Jl. Medan - Banda Aceh PO. Box 021
Aceh Utara, Indonesia
Telp (62-645) 56222; Fax (62-645) 56095;

Kantor Perwakilan :
Jl. Bangka Raya No. 107, PO. Box 4177
Jakarta, Indonesia
Telp (62-21) 71793227; Fax (62-21) 7179096;