Tata Kelola Perusahaan

Sekilas GCG

Pupuk Iskandar Muda berkomitmen menerapkan Good Corporate Governance (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan Yang Baik sebagai wujud kepatuhan terhadap Surat Edaran PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Pemegang Saham Pupuk Iskandar Muda nomor SE-08/XI/2012 tanggal 27 November 2012 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) pada Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero).
Penerapan GCG di Perusahaan memiliki peranan yang penting demi keberlangsungan Perusahaan dengan tujuan membangun lingkungan bisnis yang sehat dan memberi nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan. Dengan menerapkan prinsip GCG, Perusahaan dapat bertahan dan tangguh dalam menghadapi persaingan usaha yang ketat. GCG diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencapai Visi, Misi dan Tujuan Perusahaan secara lebih baik.
Prinsip-prinsip GCG yang terdiri dari Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Kemandirian dan Keadilan harus dijalankan secara menyeluruh dan konsisten serta menjadi jiwa dan spirit setiap Insan Pupuk Iskandar Muda.

Sebagai output, GCG akan memberikan perlindungan bagi para pemangku kepentingan dan pada akhirnya GCG akan membantu menciptakan lingkungan yang kondusif terhadap pertumbuhan dunia usaha yang berkesinambungan.

Pupuk Iskandar Muda memiliki kebijakan dan pedoman sebagai bentuk komitmen dalam penerapan GCG, antara lain:

Panduan Tata Kelola Perusahaan
Panduan Tata Kelola Perusahaan1
Prinsip-prinsip GCG harus dijalankan secara menyeluruh dan konsisten
Panduan Perilaku
Panduan Perilaku1
Panduan Prilaku ini adalah komitmen Perusahaan untuk patuh pada ketentuan hukum dan standar etika tertinggi dimana saja perusahaan beroperasi
Board Manual
Board Manual1
Pedoman Kerja Direksi dan Dewan Komisaris PT Pupuk Iskandar Muda
Kebijakan Whistleblowing System
Kebijakan Whistleblowing System1

Whistleblowing System adalah sarana bagi yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran.

Kebijakan Larangan Gratifikasi
Kebijakan Larangan Gratifikasi1
PT Pupuk Iskandar Muda berkomitment menerapkan pengendalian gratifikasi guna mendukung upaya pemberantasan korupsi
LHKPN
LHKPN1
PT Pupuk Iskandar Muda berkomitment dalam menjalankan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)
Benturan Kepentingan
Benturan Kepentingan1
Pedoman Penanganan Benturan Kepentingan dilingkungan PT Pupuk Iskandar Muda

Kode Etik

Kode Etik Perusahaan menjabarkan prinsip yang menjadi landasan berperilaku bagi PT Pupuk Iskandar Muda sebagai perusahaan dan segenap anggota Dewan Komisaris, Direksi serta seluruh Karyawan sebagai lnsan Pupuk Kaltim dalam melakukan tugas, tanggung jawab dan kewenangannya masing-masing.
Penerapan Kode Etik Perusahaan di Pupuk Iskandar Muda tertuang pada Surat Keputusan Direksi PT Iskandar Muda.
Pupuk Iskandar Muda bertekad untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai yang tertulis dalam Kode Etik Perusahaan. Dalam pelaksanaannya, perusahaan juga mengajak peran serta seluruh masyarakat dan dunia usaha untuk turut memonitor penerapan Kode Etik Perusahaan.

Whistleblowing System

Whistleblowing System adalah sarana yang disediakan oleh Pupuk Iskandar Muda bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Pupuk Iskandar Muda.

Mengapa harus ada Whistleblowing System?

PT Pupuk Iskandar Muda secara berkelanjutan berupaya untuk memaksimalkan nilai perusahaan dengan cara penerapan prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance disingkat GCG) yaitu transnparansi, akuntabilitas, pertanggungiawaban, kemandirian dan kewajaran. Dengan cara ini diharapkan, perusahaan memiliki daya saing yang kuat, baik secara nasional dan internasional.

LHKPN

Dalam mendukung program dan kebijakan Perusahaan untuk menciptakan negara yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dan meningkatkan kepatuhan pelaporan kekayaan dan gratifikasi, maka Direksi BUMN diinstruksikan untuk menetapkan pejabat struktural dan fungsional dibawahnya yang wajib mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
Sesuai Surat Edaran PT Pupuk Indonesia (Persero) Nomor: SE-08/X/2015 tanggal 7 Oktober 2015 perihal Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) agar seluruh Anak Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) bagi Pejabat di PT Pupuk Indonesia (Persero) dan Anak Perusahaan.
Berdasarkan hal tersebut, Direksi PT Pupuk Iskandar Muda menetapkan SK Direksi Nomor 32/DIR/VII.2014 tentang Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) bagi Pejabat di PT Pupuk Iskandar Muda dan Anak Perusahaan.
 Pejabat di lingkungan PT Pupuk Iskandar Muda Yang Wajib Lapor LHKPN :
  •     Dewan Komisaris PT Pupuk Iskandar Muda
  •     Direksi PT Pupuk Iskandar Muda
  •     Dewan Komisaris Anak Perusahaan
  •     Direksi Anak Perusahaan
  •     Pejabat Grade I / GM / Struktural / Fungsional / setara PT Pupuk Iskandar Muda
  •     Pejabat Grade I / GM / setara Anak Perusahaan
  •     Pejabat Grade II / Manager / setara Anak Perusahaan
  •     Pejabat Grade II / Manager Struktur / Fungsional / setara PT Pupuk Iskandar Muda